CATATAN WORKSHOP FERMENTASI BUAH “CARA KREATIF DALAM MENGOLAH BUAH MENJADI MINUMAN”

 

whatsapp image 2019-01-03 at 23.08.35

Rabu, 02 Januari 2019 yang lalu Forum Studi Ladang Rupa mengadakan kegiatan dalam sebuah program “Kelas Lasuah” (Kelas Asik), yaitu sebuah kelas dalam upaya pembelajaran bersama ataupun mandiri dalam bentuk lokakarya maupun workshop dengan topik-topik terkini. Pemateri yang dihadirkan bernama Azhar mahasiswa jurusan Seni Murni Universitas Brawijaya Kota Malang, Jawa Timur, ia juga aktif berkegiatan di komunitas  Taman Langit, sebuah ruang kolektif seni rupa di kota Malang.

Bermula bercerita mengenai buah-buahan khas yang ada di daerah masing-masing, dan timbul sebuah wacana untuk mengolah buah menjadi fermentasi dalam bentuk workshop, dalam sejarah yang disampaiaknnya dalam materi workshop, bahwa fermentasi  buah merupakan salah satu cara pengawetan bahan pangan yang sedang banjir atau banyak pada musimnya, seperti halnya dalam fermentesi anggur di Georgia di tahun 6000 SM, selain dalam kegiatan berkeseniannya dan membangun jejaring Azhar pun aktif menekuni ilmu mikrobiologi dalam mengolah buah-buahan menjadi minuman fermentasi yang segar, bergizi dan tahan lama yang dipelajari secara kelompok maupun otodidak di kotanya.

whatsapp image 2019-01-03 at 23.09.14
Azhar menjabarkan sejarah hingga proses workshop fermentasi buah

Fermentasi merupakan hasil dari olahan bakteri, ragi dan jamur yang nanti akan menggubah karbohidrat menjadi etanol dan karbondioksida atau asam amino organik. Di Indonesia sendiri banyak makanan atau minuman yang sering kita konsumsi tampa kita sadari adalah hasil dari proses fermentasi, contohnya seperti tahu, tempe, tapai, kecap, yogurt, dan lainnya, Indonesia sebagai negara agraris yang sangat berlimpah hasil dari sumber daya alam salah satunya buah – buahan merupakan potensi terbesar yang kita miliki, hal ini tercermin dari berbagai macamnya buah buahan tropis seperti apel, sirsak, mangga, salak, jeruk, pisang, nanas dan lainnya, yang sangat memungkinkan apabila kita bisa mengolahnya menjadi minuman yang segar dan tahan lama melalui proses fermentasi, dan hasil dari fermentasi buah buahan ini dikenal dengan nama wine.

Proses pembuatan minuman fermentasi pada workshop kali ini dimulai dengan memotong buah-buahan lalu di taruh di dalam panci bersama campuran air dan gula, kemudian di rebus sampai mendidih, sambil di aduk hingga gula larut, setelah itu di salin ke dalam galon minuman dan memasukan ragi dengan takaran tertentu. Lalu galon atau wadah  yang sudah di beri saluran angin dengan menggunakan pipa dan dimasukan ke dalam wadah yang sudah berisi air sebagai pengunci udara masuk sehingga udara yang di dalam bisa keluar dan udara dari luar tidak bisa masuk kedalam ini bertujuan untuk menjaga proses fermentasi atau peragian buah, selanjutnya diamkan dalam waktu sebulan.

whatsapp image 2019-01-03 at 23.08.35

Buah-buahan yang telah berhasil di buat menjadi minuman fermentasi oleh Azhar diantaranya salak, buah naga, apel, nanas dan lainnya. Tidak perlu khawatir perihal alkohol pada minuman fermentasi. Kandungan alkohol hanya berkisar 2% saja dan tidak akan memabukkan, selain itu minuman fermentasi juga mengandung bakteri baik untuk tubuh, selain itu mengonsumsi makanan atau minuman fermentasi sendiri dipercaya mampu menjaga kesehatan usus, selain itu mikroba pada hasil fermentasi akan membantu melancarkan pencernaan manusia. Seperti keju, yoghurt, dan yakult adalah salah satu contoh hasil fermentasi yang sering ditemui di supermarket.

 

Beny Saputra,

11 Januari 2019

 

2 respons untuk ‘CATATAN WORKSHOP FERMENTASI BUAH “CARA KREATIF DALAM MENGOLAH BUAH MENJADI MINUMAN”

Add yours

  1. salam kenal gan… kalau boleh bagi ilmu, kan saya mau coba fermentasi buah salak, lha terus raginya merek/ jenis dan belinya ditoko apa ya ?

    Suka

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑